Budaya Literasi di Perpustakaan Sekolah Memegang Peranan Utama Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Utomo
  • Asma Azzahra Universitas Nusa Putra
  • Puji Lestari Universitas Nusa Putra
  • Rizqina Maulida Universitas Nusa Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rutinitas membaca di perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD Muhammad Al-Unaizy Sukabumi, serta bagaimana peran aktif para guru untuk meningkatkan hal tersebut dengan mengimplementasikan etika profesi. Jenis penelitian yang digunakan untuk menyusun jurnal ini bwrupa deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial. Tujuan SD Muhammad Al-Unaizy mengadakan kegiatan rutinitas kunjungan ke perpustakaan sekolah bagi siswa dapat terealisasikan dengan maksimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan membaca termasuk membawa pengaruf positif, sebanyak 8 siswa masuk dalam kategori Berkembang (B) dan 2 siswa masuk dalam kategori Perlu Bimbingan (PB) dengan perkembangan yang pesat dari bulan sebelumnya. Pengaruh positif yang terjadi juga didorong oleh peran guru dalam menerapkan kualifikasi kompetensi yang merupakan salah satu tolak ukur pencapaiannya menjadi pendidik yang profesional.

References

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 Ayat 1. 1945. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Chaer, Abdul. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Cahyani, Isah. 2013. Kemampuan Berbahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian.

Bandung: Alfabeta.

Kurnia, Budi. "Systematic Literatur Review: Kedisiplinan Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring." Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) 4.1 (2022): 10-20.

Suprapmanto, Joko. "Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid 19 dan Solusinya." Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan) 3.2 (2021): 15-19.

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0% 2C5&q=Pengaruh+Rutinitas+Literasi+di+Perpustakaan+Sekola h+Terhadap+Hasil+Belajar+Siswa+&btnG=#d=gs_qabs&u=%2 3p%3D6JqybM8wYIIJ

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0% 2C5&q=Pengaruh+Rutinitas+Literasi+di+Perpustakaan+Sekola h+Terhadap+Hasil+Belajar+Siswa+&btnG=#d=gs_qabs&u=%2 3p%3DthqPar1wzsQJ

Laili dkk. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca di Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN Kutisari II Surabaya, 29 (1).

HUMAS. 2016. “Analisis Data Statistik Inferensial”, https://penalaran-unm.org/analisis-data-statistik-inferensial/, diakses pada 1 April 2021 pukul 23.00.

Pahmi dkk. Implementasi Algoritma CART (Classification And Regression Trees) Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan.

Mihty. Manfaat Mempelajari Ilmu Komunikasi Untuk Mengurangi Angka Penyebaran Berita Hoax. Jurnal Internasional Research Papers – Academia.edu.

Setiadi, Wawan. Cara Meningkatkan Minat Baca. Jurnal Internasional Research Papers – Academia.edu.

Ananda, Nela. Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Upaya Membentuk Habitus Literasi. Jurnal Internasional Research Papers – Academia.edu.

Megawati. Apresiasi Bahasa dan Sastra. Jurnal Internasional Research Papers – Academia.edu.

Tekkomdik, Balai. Meningkatkan Minat Baca Bagi Guru Melalui Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Internasional Research Papers – Academia.edu

Al-Akmam, Mafaz, Ai Auliya, and Kohar Pradesa. "Upaya Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Vol. 1. 2022.

Pradesa, Kohar, et al. "Urgency of Teacher Personality Competency in Building Student Character." Proceeding ICEHOS 1.1 (2021): 111-119.

Abdurahman, A. (2021). Quality management of package c graduates through non-formal education accreditation program. International Journal of Nusantara Islam, 9(2), 524-532.

Pradesa, K., Aurellia, D., Al-Akmam, M., Ayu, R., & Nurhasanah, S. (2021). Urgency of Teacher Personality Competency in Building Student Character. Proceeding ICEHOS, 1(1), 111-119.

Published
2023-03-30
How to Cite
Utomo, Azzahra, A., Lestari, P., & Maulida, R. (2023). Budaya Literasi di Perpustakaan Sekolah Memegang Peranan Utama Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 13 - 20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.107