Peran Supervisi Terhadap Prestasi Peserta Didik

  • Utomo Universitas Nusa Putra
  • Neng Juwita Albela Universitas Nusa Putra
  • Pariz Alparuq Universitas Nusa Putra
  • Zuliana Dwi Takari Universitas Nusa Putra

Abstract

Setiap negara sangatlah memerlukan pendidikan dalam menunjang kemajuannya. Pendidikan
merupakan sarana dalam rangka memajukan kualitas seseorang. Pendidikan tersebut harus
berjalan dengan baik, salah satu cara meningkatkan prestasi peserta dalam menjlankan
Pendidikan yaitu dengan adnya supervisi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa
besar peran supervisi terhadap prestasi peserta didik. Metode yang dilakukan dalam penelitian
ini ialah literatur review dengan mencari banyak kajian penelitian dan referensi yang
bersumber di internet. Sumber data adalah dengan menggunakan kajian literatur dan analisis
video pelaksanaan kegiatan supervisi di sekolah. Kemudian data dianalisis menggunakan
metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa peran supervisi guru dalam
pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas dapat mempengaruhi prestasi belajar peserta didik
karena dengan pemahaman guru yang berkompeten dari pengelolaan Pendidikan maka kinerja
guru dapat maksimal

References

Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.

Asep Habib Idrus Alawi, 2019 . Kinerja Guru Dan Hubungannya Dengan Kualitas Hasil Belajar SiswaMadrasah Aliyah, Journal Of Islamic Education.

Dea Kiki Yestiani & Nabila Zahwa 2020. Peran Guru Dalam Pembelajaran Pada Siswa Sekolah Dasar, Fondatia : Jurnal Pendidikan Dasar Volume 4, Nomor 1, Maret 2020; 41-47 Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Fondati

Debi Sepriani, Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran,Firman Sidik, 2016 , Guru Berkualitas Untuk Sumber

Daya Manusia Berkualitas, Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 4, Nomor 2 : Agustus 2016. Haraban, H. A. (2020). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Pada SDN 3 Wolowaru, Kabupaten Ende. Jurnal Literasi: Pendidikan Dan

Humaniora, 5(3), 21-25.Imam Turmidzi, 2021. Implementasi Supervisi Pendidikan Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah. Tarbawi, Vol. 4, No. 1 -Februari 2021 E-Issn 2715-4777 P-Issn 2088-5733 Https://Stai-Binamadani.EJournal.Id/Tarbaw.

Meldiya Kismonia Chanda, Pengaruh Lemahnya Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Nirmala, R., & Afriansyah, H. (2020).

Supervisi Pendidikan.Nurmalasari, N. (2019). Persepsi Guru Terhadap Pengaruh Suvervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMPNegeri Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran. Thoriqotuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 103-119.Simarmata, J., Taufiq, M. E., Sidik, J., Saputra, R. W., Hapsah, S., Sari, A. C. & Monalisa, F. (2020).

Pengantar Manajemen Sistem Informasi. Yayasan Kita Menulis.Sri Larasati, Rr Tri Fatmaningtyas, Hubungan Antara Kualitas Guru Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Housekeeping Suparliadi, S. (2021).

Peran Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal Of Administration and iEducational Management (ALIGNMENT), 4(2), 187-192.

Syamsuddin, 2019 Peranan Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Makassar

Published
2022-11-24
How to Cite
Utomo, Juwita Albela, N., Alparuq, P., & Dwi Takari, Z. (2022). Peran Supervisi Terhadap Prestasi Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(3), 100 - 107. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.106