Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN 4 Cicurug Kabupaten Sukabumi

  • Utomo Universitas Nusa Putra

Abstract

Pendidikan sebagai upaya menyiapkan peserta didik di masa mendatang, mempunyai peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan upaya mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia. Permasalahan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah adanya ancaman penurunan nilai karakter di tengah masyarakat, sebagai akibat dari terjadinya perubahan lingkungan global yang melanda hampir seluruh bangsa di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembiasaan untuk penguatan pendidikan karakter di SDN 4 Cicurug; (2) pelaksanaan pembiasaan untuk mengembangkan lima nilai utama penguatan pendidikan karakter di SDN 4 Cicurug. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan denan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi, yaitu dengan pengecekan terhadap informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembiasaan untuk penguatan pendidikan karakter di SDN 4 Cicurug dilaksanakan melalui: (1) pembiasaan sebelum belajar; (2) pembiasaan dalam proses pembelajaran; (3) pembiasaan setelah selesai pembelajaran; (4) pembiasaan rutin mingguan; dan (5) pembiasaan umum. Pembiasaan yang dilaksanakan di SDN 4 Cicurug mampu mengembangkan nilai-nilai utama dalam penguatan pendidikan karakter, yakni dengan pembiasaan yang dilaksanakan berikut: (1) Senin-nasionalis; (2) Selasa-integritas; (3) Rabu-mandiri; (4) Kamis-gotong royong; dan (5) Jumat-religius. 

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Elizabeth B. Hurlock. (1974). Personality Development. New York: McGraw-Hill Book Company

Furqan H. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka

Hoge J. Douglas. (2010). Character Education, Citizenship Education, and the Social Studies. The Social Studies. Publication details, including instructions for authors and subscription information: http://www.tandfonline.com/loi/vtss20

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Bahan Pelatihan, Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2016). Kajian dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Panduan Praktis Implementasi PPK Berbasis Budaya Sekolah

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Panduan Praktis Implementasi PPK Berbasis Kelas

Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. New York: Bantam Books

Maisaro, A. Dkk. (2018). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan Volume 1 Nomor 3 Hal : 302-312 ISSN 2615-8574 (online)

Masnur Muslich. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara

Nirmala, Sri D., Rahman, R., & Musthafa. (2017). Comparing Students’ Critical Thinking Elementary School in Different Area with Utilizing FIVES Strategy. Presented at 3rd International Conference on Education (ICOED), Malaysia 7 – 9 November 2017. Accepted for American Scientific Publishers (ASP).

Nirmala, Sri D., Rahman, R., & Musthafa. (2017). Literacy Ability and Critical Thinking of Elementary Grades With School Literacy Movement (GLS) Support in Sukabumi District. Presented at The Tenth Conaplin and the second English Language teaching and Technology Conference, UPI 22 -23 November 2017.

Nirmala, Sri D. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Se-Gugus 2 Purwasari dalam Membaca Pemahaman melalui Model FIVES dan Model Guided Reading. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar ISSN: 2087-412X Volume 10, No 2 ISBN: 977-208-7412-00-7

Permendikbud No. 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti

Peraturan Presiden No. 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Ulfatin, N. (2015). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang:Media Nusa Creative.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2019-07-31
How to Cite
Utomo. (2019). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SDN 4 Cicurug Kabupaten Sukabumi . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 1(1), 17-33. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/6