Cara Belajar di Masa Pandemi dengan Model Daring Senior Sara Kalo
Abstract
Pembelajaran di masa pandemi perlu mencari cara yang terbaik dan efektif sehingga proses pembelajaran tidak tertunda, oleh karena itu SD-SD Kalibunder menerapkan model pembelajaran daring senior sara kalo. Persiapan Pembelajaran Model Senior Sara Kalo dilakukan seperti pembelajaran secara daring dengan protokol kesehatan COVID 19, diawali dengan rapat dinas melalui zoom meeting yang kemudian disusun jadwal pelajaran berikutnya disipakan sarana prasarana pembelajarannya. Pelaksanaan Pembelajaran model daring Senior Sara Kalo dengan metode Learning Community dan Affecitve Joyful Learning Approach dilakukan melalui Guru Kunjung (GK), Guru Tandang (GT), Guru Tanding (GT), Guru Midang (GM) dan Guru Trampil (GT). Hasil yang diperoleh dari Model Pembelajaran Daring Senior Sara Kalo antara lain meningkatnya hasil belajar yang dibuktikan dari hasi penilaian PTS dan PAS.Memperolehnya juara baik pada bidang seni, olah raga, religius dan penghasilan pengrajin yang ad di SD-SD Kalibunder meningkat. Untuk bidang IT kalaupun keterbatasan akses internet karena seringnya gangguan listrik, dan jaringan yang tidak stabil, akan tetapi tidak menyurutkan semangat untuk tetap berprestasi dan tetap berkarya, sehingga dalam penggunaan IT tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah lainnya, seperti penggunaan CBT, Google Form, Live Season, Zoom Meeting dan jenis IT lainnya. Peran guru sangat sentral dalam kegiatan pembelajaran dan hampir 95% guru di SD-SD Kalibunder menguasai IT karena rata-rata lulusan gurunya dari Perguruan Tinggi ternama di Indonesia.
References
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika
Ratnawulan, E. & Rusdiana, H.A. (2015). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia
Sutopo, H.B. (2002). Metodologi Pelaksanaan best practiceKualitatif: Dasar Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Novrianti.(2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jurnal Lentera Pendidikan. 7 (1), 34-42.
Rolisca, R.U.C. (2014). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran dalam Bentuk Online Berbasis E-Learning Menggunakan Software Wondershare Quiz Creator dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMA Brawijaya Smart School (BSS). Jurnal Pendidikan Akuntans. XII (1), 41-18.
Depdikbud (1995) Pedoman Pembinaan Profesional Guru sekolah Dasar,Jakarta Depdikbud
(2003) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,Jakarta BP Panca Usaha,Cetakan pertama
Copyright (c) 2023 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.