PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

  • setiowati
  • Budi Kurnia Universitas Nusa Putra

Abstract

Pendidikan adalah bidang pengabdian terhadap Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, dan negara untu membentuk manusia Indonesia seutuhnya yang berjiwa pancasila. Permasalahan terbesar bangsa Indonesia saat ini adalah di masa pandemi covid-19 di tengah-tengah masyarakat, sebagai akibat dari terjadinya perubahan lingkungan global yang melanda hampir seluruh bangsa di Dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: pelaksanaan pembelajaran secara daring di SDN Cikundul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu melalui pengecekan terhadap informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan observasi agar hasil penelitian dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran secara daring di SDN Cikundul dilaksanakan melalui: (1) persiapan sebelum belajar secara daring, (2) proses pembelajaran secara daring, (3) setelah selesai pembelajaran secara daring, (4) Laporan tugas mandiri, (5) pembelajaran rutin mingguan, (6) pembelajaran rutin mingguan yang dilaksanakan di SDN Cikundul mampu mewujudkannya kerja sama antara orang tua, guru dan masyarakat dalam mengimplementasikan pembelajaran secara daring sebagai berikut: (1) waktu pembelajaran  - seminggu enam hari, (2) pembelajaran tematik - hari senin s.d jumat, sedangkan hari sabtu untuk kegiatan ekstrakulikuler, (3) jadwal pelajaran masa pandemi kelas satu sampai dengan kelas enam, pelaksanaan pada jam pertama dengan penanaman karakter dan dilanjutkan materi tematik, (4) kegiatan mulok yaitu pencak silat,  dan (5) ekstrakulikuler pramuka, dan dukter kecil, (6) tenaga pendidik - guru kelas dan guru bidang styudi, (6) Guru bidang Studi – penjas, agama, pencak silat.

References

Mulyasa, E., Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004).

Mulyasa, E., Menjadi Guru Professional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005).

Permendikbud No. 65 Tahun mengenai Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Sanusi,A. (2015) Sistem Nilai. Alternatif wajah-wajah pendidikan. Bandung Nuansa Cendekia.

Satori. Dkk (2017) Profesi Keguruan. Universitas Terbuka

Suciati. (2004) Belajar dan Pembelajaran 2. Universitas Terbuka

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wright (1991), Belajar dan Pembelajaran 2. Universitas Terbuka

Published
2021-08-21
How to Cite
setiowati, & Kurnia, B. (2021). PERAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(2), 1-10. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/69