Profil Gaya Belajar Dominan Pada Peserta Latsar CPNS

  • Wiwin Winarni Universitas Nusa Putra
  • Yuniati Lestari Universitas Nusa Putra

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui profil gaya belajar peserta diklat Latsar CPNS untuk kepentingan penyelenggara diklat. Subjek penelitian yakni 44 peserta Latsar CPNS di lingkungan BKPSDM Kabupaten Sukabumi tahun 2019 yang menjadi sempel Purposif pada penelitian ini. Pengambilan data menggunakan tes modalitas gaya belajar berbentuk google formulir yang mengacu kepada teori gaya belajar De Poter & Hernacki dan di susun oleh ekspert. Berdasarkan Hasil Penlitian gaya belajar, diketehui bahwa 17 orang peserta mempunyai kecendrungan gaya belajar visual, 12 orang gaya belajar audio, 12 orang lainya memiliki gaya belajar kinestetik dan 3 orang lainya memiliki gaya belajar campuran. dengan kata lain gaya belajar dominan peserta latsar CPNS 2019 memiliki gaya belajar visual..

References

Aqib Z. 2011. Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positif Anak Bangsa. Bandung. CV. Yrama Widya.

De Porter, B. & Hernacky, M. (1999). Quantum Learning; Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Yogyakarta: Kaifa.

Gunawan,w,a 2011. Born To Be a Genius.Jakarta. PT SUN.

Musrofi,M. 2016. Sukses Akademik dan Sukses Bakat. Jakarta. PT Elex Media komputindo.

Subini,N.2013. Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Jogjakarta:Javalitera

Wiedarti,P. 2018. Seri Manual GLS “Pentingnya Memahami Gaya Belajar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Undang-undang dan Peraturan Pemerintah Peraturan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2018 Tentang “Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil”

Pemenpan RB No 22 Tahun 2014 tentang “Jabatan Fungsional Widyaiswara”.

M. Young, 1989.The Technical Writer’s Handbook. Mill Valley, CA: University Science,

Published
2021-11-30
How to Cite
Winarni, W., & Lestari, Y. (2021). Profil Gaya Belajar Dominan Pada Peserta Latsar CPNS . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(3), 1-4. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i3.84

Most read articles by the same author(s)