Integritas Ilmu Pengetahuan dan Penerapannya dalam Aspek Kehidupan

  • Muh Irfhan Muktapa Irfhan

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa pergeseran pada paradigma pembangunan dan pendidikan nasional. Kemajuan yang dialami oleh manusia masa kini cenderung dikaitkan dengan zaman serba mudah. Permasalahannya adalah kemudahan yang dialami manusia juga membawa dampak negatif kepada karakter anak-anak bangsa. Ilmu pengetahuan yang sejatinya diharapkan dapat membentuk sosok manusia yang baik dan bertanggug jawab justru terkadang malah menciptakan sosok baru yang tamak dan menakutkan. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji integritas ilmu dalam aspek kehidupan manusia. Hal ini didasari oleh sifat manusia yang selalu mempertanyakan segala sesuatu di sekitarnya yang menyebabkan rasa ingin tahu. Keingintahuan inilah yang mendorong manusia mengajukan hipotesis (dugaan), merumuskannya dalam tesis (keputusan), kemudian menjadikan hal tersebut sebagai teori atau dalil keilmuan. Pendidikan berbasis nilai menjadi hal yang penting untuk membentuk generasi yang berprestasi dan berkarakter. Keterampilan, kognitif, dan pengetahuan perlu diimbangi dengan moralitas yang baik. Oleh karena itu esensi integritas ilmu dalam aspek kehidupan menekankan pembelajaran terhadap keilmuan yang berbasis nilai-nilai positif.

References

Edison & Faturrochman, I. 2020. Pendidikan Sebagai Media Integrasi Agama dan Sains Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Literasiologi, 3 (1), 177-189.

Makhmudah, S. 2018. Hakikat Ilmi Pengetahuan dalam Perspektif Modern dan Islam. Al Murabbi, 4 (2), 202-217.

Munib, A. 2015. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU/MKDK-LP3 Universitas Negeri Semarang

Nurroh,S. 2017. Filsafat Ilmu (studi Kasus : Telaah Buku Filsafat Ilmu “Sebuah Pengantar Populer” oleh Jujun S Suriasumantri). Assignment Paper of Filosophy of Geography Science Doctoral Program, Graduate School of Environment Science

Setiawati,R. 2015. Integritas Ilmu dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Penelitian, 9 (2), 295-324.

Suedi. 2016. Pengantar Filsafat Ilmu. Bogor: Penerbit IPB Press Kampus IPB Taman Kencana.

Tohari, M. 2016. Aksiologi: Relasi antara Ilmu Pengetahuan dan kehidupan Umat Manusia (Sebuah Kajian dari Dimensi Filsafat Ilmu). Jurnal Ilmiah Hukum, 2 (1), 21-28

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab IV Pasal 3

Wilujeng, S.R. 2014. Ilmu dalam Perspektif Filsafat (Suatu Upaya Mengembalikan Ilmu pada Hakikatnya. Humanika, 20 (2), 94-102.

Published
2021-07-30
How to Cite
Muktapa, M. I. (2021). Integritas Ilmu Pengetahuan dan Penerapannya dalam Aspek Kehidupan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(1), 21-28. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i1.33