Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah

  • Hidarya Ia Universitas Nusa Putra
  • Lia Febriliana Kementerian Agama

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial, mengetahui pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Survei dengan teknik korelasional dan regresi. Sampel yang digunakan dari populasi terjangkau diambil 80 sampel penelitian menggunakan proposional random sampling dari kelas IX MTs swasta di Kabupaten Sukabumi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan pemberian tes dan penyebaran kuesioner. Analisis data terdiri dari pengujian instrument penelitian dengan uji validitas, reliabilitas. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan Juni 2023. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi. 3) Terdapat pengaruh yang Signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa MTs Swasta di kabupaten Sukabumi.

References

U. S. Winataputra, “Dinamika Konseptualisasi Pendidikan Ilmu Pengetahuan SosiaL (PIPS) Dan Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah (Suatu Telaah Collective Mindset dalam Ranah Historis-Epistemologis),” vol. Vol. 12 No. 1 (2011), no. Vol. 12 No. 1 (2011), 2011, doi: https://doi.org/10.33830/jp.v12i1.462.2011.

S. U. , L. L. , S. H. , & R. R. Supardi, “Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika,” 2015.

R. Wahyuningsih, “Prestasi Belajar Siswa : Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa,” Jurnal Paedagogy, vol. 8, no. 2, p. 117, Apr. 2021, doi: 10.33394/jp.v8i2.3472.

K. Pusat et al., Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Di Kabupaten Tanah Laut. 2014.

I. Hidarya, Dinamika Pengelolaan Pendidikan, 1st ed., vol. 1. Yogyakarta: Hilife Tsavana Cendikia, 2022.

E. Nauli Thaib, Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh, “Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional,” 2013.

J. E. Prawitasari, “KECERDASAN EMOSI,” 1998.

N. M. Seel and A. Darabi, “A dynamic mental model approach to examine schema development in performing a complex troubleshooting task: Retention of mental models,” 2006. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/290857280

S. Nurjan and M. Editor Wahyudi Setiawan, Psikologi Belajar. 2015.

N. Fauziah and D. Utaminingsih, “Hubungan Penggunaan Strategi Coping Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA,” 2015.

Fadhilah Suralaga, “Psikologi Pendidikan,” 2021.

M. Syah, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

D. Goleman, Emotional intelligence. 2021.

Thomas. Fetsco and J. McClure, Educational psychology : an integrated approach to classroom decisions. Allyn and Bacon, 2005.

D. A. Wardana, B E L A J A R D A N P E M B E L A J A R A N. 2021.

I. Hidarya, A. Mudrikah, and R. S. Sauri, “Implementation of Regulation of The Minister of Religion Number 2 Of 2012 for Islamic Education Supervisers at Schools in The Department of Education in Sukabumi Regency,” International Journal of Nusantara Islam, vol. 8, no. 2, pp. 226–239, Dec. 2020, doi: 10.15575/ijni.v8i2.11082.

Y. F. Nadirah, “Psikologi Belajar Dan Mengajar,” 2019.

J. W. Creswell, “Educational Research,” 2012. Accessed: Dec. 04, 2023. [Online]. Available: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=educational+research+creswe&btnG=#:~:text=JW%20Creswell%20%2D%202012%20%2D%20ds.amu.edu.et

Published
2023-11-30
How to Cite
Ia, H., & Febriliana , L. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(3), 110 - 119. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i3.128