Peningkatan Kepuasan Kerja Melalui Penguatan Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal, dan Pemberdayaan

  • Ucu Agustini Sri Mulyani Universitas Nusa Putra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya-upaya untuk mengatasi masalah rendahnya kepuasan kerja dengan cara mengetahui kekuatan variabel-variabel yang diduga mempengaruhi kepuasan kerja, yaitu budaya organisasi, komunikasi interpersonal dan pemberdayaan, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Populasi penelitian adalah 378 guru mata pelajaran honorer di Madrasah Tsanawiyah Kota Sukabumi. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin, diperoleh sampel penelitian sebanyak 194 orang. Penelitian ini menggunakan metode studi korelasional untuk menguji hipotesis penelitian, yaitu untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara budaya organisasi, komunikasi interpersonal dan pemberdayaan dengan kepuasan kerja. Berdasarkan hasil tersebut kemudian dilakukan analisis SITOREM untuk menetapkan rekomendasi dan penentuan urutan prioritas penanganan indikator yang harus diperbaiki. Hasil penelitian kuantitatif menemukan bahwa semua variabel mempunyai hubungan positif yang signifikan dengan kepuasan kerja, dengan urutan berdasarkan kekuatan hubungan sebagai berikut: budaya organisasi (ryx1=0,558, ρ<0,01). pemberdayaan (ryx3=0,450 , ρ<0,01), dan komunikasi interpersonal (ryx2=0,397 , ρ<0,01). Hasil analisis SITOREM juga menunjukan bahwa kepuasan kerja dapat ditingkatkan melalui peningkatan budaya organisasi, komunikasi interpersonal dan pemberdayaan

References

Arikunto, S. (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edited by Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Greenberg, J., & Baron, R.A. (2000) Behavior in organizations. Upper SaddleRiver: New Jersey: Prenticewl-Jall.

Hardhienata, S., Maulana, S. and Suhardi, E. (2019) ‘Analisis Sequential Explanatory Learning Organization Pada Guru Ditinjau Dari Komitmen Guru Terhadap Organisasi Dan Pemberdayaan’, Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), pp. 716–724. doi:10.33751/jmp.v7i1.956.

Hardhinata, S. (2017) ‘The development of scientific identification theory to conduct operation research in education management’, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 166 (2017). doi:10.1088/1757-899X/166/1/012007.

Muri Yusuf (2017) Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. 4th edn. jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Nasution, M.I. (2017) ‘Nasution 407 – 428 MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume VII, No. 3, Okt 2017’, Jurnal Ilmiah Manajemen, VII(3), pp. 407–428.

Pitasari, N.A.A. and Perdhana, M.S. (2018) ‘Kepuasan Kerja Karyawan : Studi Literatur’, Diponegoro Journal of Management, 7(4), pp. 1–11. Available at: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management.

Rifai, H.A. (2005) ‘A Test of the Relationships among Perceptions of Justice, Job Satisfaction, Affective Commitment and Organizational Citizenship Behavior’, Gadjah Mada International Journal of Business, 7(2), p. 131. doi:10.22146/gamaijb.5574.

Siti Mujiatun, Jufrizen, P.R. (2019) ‘MODEL KELELAHAN EMOSIONAL: ANTASEDEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI DOSEN Siti Mujiatun, Jufrizen, dan Pandapotan Ritonga Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara’, MIX: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), pp. 447–465.

Sugiyono, P.D. (2013) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Suharsimi (2006) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Talakua, Y., Anas, S. and Aqil, M. (2020) ‘Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rsu Bhakti Rahayu Ambon’, Inovasi Penelitian, 1 (7)(7), pp. 1253–1270. Available at: https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/267.

Published
2022-07-24
How to Cite
Agustini Sri Mulyani, U. (2022). Peningkatan Kepuasan Kerja Melalui Penguatan Budaya Organisasi, Komunikasi Interpersonal, dan Pemberdayaan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(2), 62 - 76. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i2.99