Kebijakan MBKM Dalam Meningkatkan Skill Dan Karir Studi Kasus: Universitas Malikusshaleh Aceh

  • Lismawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sabarudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Abstract

Perguruan tinggi sebagai wadah pengembangan keilmuan maupun skill yang bertujuan baik sebagai wawasan maupun karir masa depan mahasiswa, secara eksplisit belum dapat dikatakan berhasil. Hadirnya MBKM yang diusung oleh Menteri Pendidikan merupakan langkah yang tepat untuk menjawab permasalahan kurang menjaminnya perguruan tinggi atas masa depan mahasiswa. MBKM juga sebagai wadah yang menghantarkan mahasiswa untuk menggali pengalaman, skill, serta memberikan gambaran jelas untuk pengembangan karir masa depan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak penerapan program MBKM terhadap peningkatan skill mahasiswa. untuk memperoleh data, dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bahwa implementasi kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di perguruan tinggi Malikussaleh Aceh secara pelaksanaan telah berhasil ditunjukkan dengan mahasiswa yang lulus dalam menyelesaikan program-program yang telah dipilih.

References

Aly, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Karakter Berbasis Soft Skills Di Perguruan Tinggi. Ishraqi, 1(1), 18–30. https://doi.org/10.23917/ishraqi.v1i1.2926
Aminuddin Bakry. (2010). Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik. Jurnal Medtek, 2, 78–91.
Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Inventaris Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 1, 2013–2015.
Aziz, A. A., Nurfarida, R., Budiyanti, N., & Zakiah, Q. Y. (2020). Model Analisis Kebijakan Pendidikan. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(2), 192. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i2.2575
Dedi Pramono. (2019). Model Program Pengenalan Kampus Untuk Mengembangkan Kesiapan Karir Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 1(1), 308. http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3275%0Ahttp://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/3275/682
Fazlurrahman, M. H., Prof, E., Haris, A., & Ag, M. (2017). Politik Pendidikan Islam. Imtiyaz.
Fernandes, R. (2018). Adaptasi Sekolah Terhadap Kebijakan Pendidikan Inklusif. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 4(2), 119. https://doi.org/10.24036/scs.v4i2.16
Istiarsono, Z. (2000). Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisassi: Kajian Teoretik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19–24.
Kemdikbud. (2020). Kebijakan Kampus Merdeka (Independent Campus Policy). Ministry of Education and Culture Republic of Indonesia Repoprt. 20.
Kusumaningrum, B., Kuncoro, K. S., Purwoko, R. Y., & Chasanah, A. N. (2022). Apakah Penerapan Program MBKM dapat Meningkatkan Hard Skills Mahasiswa ? Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3712–3722.
Maimunah, M. (2016). Relasi Politik Pendidikan Dan Politik Kekuasaan. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 1(2). https://doi.org/10.28944/afkar.v1i2.8
Mariati. (2021). Tantangan Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial Dan Humaniora, 1(1), 749–761. https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/405
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2), 330–338. https://www.esaunggul.ac.id/
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa.
PH, S. (2019). Politik Pendidikan Indonesia Dala Abad Ke-21. Cakrawala Pendidikan, 11(2), 50–57.
Pradoko, A. M. S. (n.d.). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif: Keilmuan Seni, Humaniora, dan Budaya (Vol. 2017). UNY Press.
Solichin, M. (2015). Imlementasi Kebijakan Pendidikan dan Peran Birokrasi. Jurnal Studi Islam, 6(2), 148–178.
Suastika, K., Swanti, V., Ferdiani, R. D., & Harianto, W. (2022). Dampak Implementasi Kurikulum MBKM : Analisis Kepuasan dan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 19–28. https://doi.org/10.30653/003.202281.207
Suranto, S. (2012). Pengembangan Model Kompetensi Peningkatan Skill Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi Dan Industri (SNTIKI) 4, 363–368.
Widyanti, R. (2018). Manajemen Karir: Teori, Konsep, Dan Praktik. In Rizky Artha Mulia. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/3264/1/Buku Manajemen Karir.Rahmi Widyanti.pdf
Yuherman, Y., Nugroho, W., & Sunarsi, D. (2021). Dampak Kebijakan MBKM Pada Kesiapan Sumber Daya Manusia dan Fasilitas Fakultas Hukum Usahid Jakarta. MORALITY : Jurnal Ilmu Hukum, 7(2), 222. https://doi.org/10.52947/morality.v7i2.235
Yuliah, E. (2020). Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(2), 129–153.
Published
2023-03-29
How to Cite
Lismawati, & Sabarudin. (2023). Kebijakan MBKM Dalam Meningkatkan Skill Dan Karir Studi Kasus: Universitas Malikusshaleh Aceh. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 7 - 12. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.93