Nilai – Nilai Yang Terkandung dalam Olahraga Tradisional Bola Leungeun Seuneu di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath

  • Sri Erwini Christine Universitas Nusa Putra
  • Rahma Talitha Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Artikel ini memuat gambaran lengkap tentang nilai karakter yang terkandung dalam olahraga tradisional bola leungeun seuneu di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath Kota Sukabumi. Ruang lingkup penelitian ini meliputi nilai-nilai yang terkandung dalam pengertian, bentuk, dan kegiatan dalam olahraga tradisional bola leungeun seuneu. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan studi lapangan berupa wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, diperoleh fakta bahwa dalam olah raga tradisional bola leungeun seuneu terdapat nilai-nilai karakter yang dapat berguna untuk membentuk karakter dan moral individu.

References

Dinisari MC. Ada 44,2 Juta Pemain Gim E-Sport di Indonesia. teknologi.bisnis.com. Published online Maret 2021.https://teknologi.bisnis.com/read/20210314/564/1367248/ada-442-juta-pemain-gim-e-sport-di-indonesia

Saritilawah S. pesan dakwah dalam permainan bola leungeun seuneu (Studi Kasus Tentang Seni Islam di Pondok Pesantren Dzikir Al-Fath Kota Sukabumi). In: ; 2018.

Supih RH. Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tradisi Permainan Bola Api (Studi Deskriptif Tentang Nilai-nilai Dakwah dalam Tradisi Permainan Bola Api Sebagai Media Dakwah di Pesantren Babakan Ciwaringin Cirebon). Published online 2017.

Pratama MY. Mochamad Yoga Pratama, 2014 Bola Leungeun Seuneu (Boles) Sebagai Kearifan Budaya Lokal Sebuah Alternatif Pengayaan Pendidikan Jasmani Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Published online 2012.

Nurunnisa EC. Nilai - nilai Pendidikan Sosial Perspektif Abdullah Nasih Ulwan dan Relevansinya Terhadap Tujuan Pendidikan Nasional. Tabuyyah Al Aulad. 2016;1(1):17.

Sri I, Formen A. Perbandingan Konsepsi Thomas Lickona dan Ki Hadjar Dewantara dalam Nilai Karakter Pada Ranah Pendidikan Anak Usia Dini Serta Relevansinya di Era Globalisasi. Published online 2020.

Dalmeri. PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al Ulum. 2014;14(1):269–288. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=175387&val=6174&title=PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character)

Published
2021-12-22
How to Cite
Christine, S. E., & Talitha, R. (2021). Nilai – Nilai Yang Terkandung dalam Olahraga Tradisional Bola Leungeun Seuneu di Pondok Pesantren Dzikir Al Fath. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(3), 46-50. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i3.88