Kompetensi Tutor Kejar Paket C dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar

  • Setiawati Universitas Nusa Putra
  • Resnawati Febrian Universitas Nusa Putra

Abstract

Penelitian ini berjudul“Kompetensi Tutur Kejar Paket C Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik” bertempat di PKBM Ummi Kulsum Kota Sukabumi tahun pelajaran tahun 2019 Sebagai program Pendidikan Luar Sekolah. Permasalahan Penelitian ini adalah: 1) Kompetensi Tutor kejar paket C masih rendah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. di PKBM Ummi Kulsum, 2) Strategi Tutor belum maksimal dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di PKBM Ummi Kulsum, 3) Motivasi tutor kejar paket C belum efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di PKBM Ummi Kulsum, dan 4) Faktor pendukung tutor kejar paket C belum memadai dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di BKBM Ummi Kulsum. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kompetensi tutor, strategi Tutor,motivasi tutor, dan faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kejar paket C dalam melayani warga belajar yang dapat tumbuh dan berkembang sedini mungkin dan sepanjang hayatnya guna meningkatkan martabat serta mutu kehidupannya. Hasil penelitian menjelaskan yang terjadi di lapangan bahwa PKBM Ummi Kulsum adalah lembaga pendidikan hasil dari pengembangan yayasan Ummi Kulsum yang telah berkomitmen kuat menyayangi dan membina putra putri yatim piatu dan Dhuafa di wilayah Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.

References

Abraham H. Maslow, 1954, Belajar dan Pembelajaran, Universitas Terbuka, Dr. Suciati, dkk.

Dr. E. Mulyasa, M.Pd, 2009, Kompetensi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

H. Mustofa Kamil, 2009, Pengembangan PKBM di Indonesia, Pendidikan Nonformal, Alfabeta Bandung

Lefrancois, 2007, Kompetensi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung

Sihombing, 19008, Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strateg, Konsep Kiat dan

Prof. H. D. Nana Sudjana, 2009, Pendidikan Nonformal, Bandung, Falah

Published
2021-11-30
How to Cite
Setiawati, & Febrian, R. (2021). Kompetensi Tutor Kejar Paket C dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 3(3), 5-13. https://doi.org/10.52005/belaindika.v3i3.83