Kompetensi Tutor Kejar Paket C dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar
Abstract
Penelitian ini berjudul“Kompetensi Tutur Kejar Paket C Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik” bertempat di PKBM Ummi Kulsum Kota Sukabumi tahun pelajaran tahun 2019 Sebagai program Pendidikan Luar Sekolah. Permasalahan Penelitian ini adalah: 1) Kompetensi Tutor kejar paket C masih rendah dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. di PKBM Ummi Kulsum, 2) Strategi Tutor belum maksimal dilakukan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di PKBM Ummi Kulsum, 3) Motivasi tutor kejar paket C belum efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di PKBM Ummi Kulsum, dan 4) Faktor pendukung tutor kejar paket C belum memadai dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di BKBM Ummi Kulsum. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data tentang kompetensi tutor, strategi Tutor,motivasi tutor, dan faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kejar paket C dalam melayani warga belajar yang dapat tumbuh dan berkembang sedini mungkin dan sepanjang hayatnya guna meningkatkan martabat serta mutu kehidupannya. Hasil penelitian menjelaskan yang terjadi di lapangan bahwa PKBM Ummi Kulsum adalah lembaga pendidikan hasil dari pengembangan yayasan Ummi Kulsum yang telah berkomitmen kuat menyayangi dan membina putra putri yatim piatu dan Dhuafa di wilayah Kelurahan Nanggeleng Kecamatan Citamiang Kota Sukabumi.
References
Abraham H. Maslow, 1954, Belajar dan Pembelajaran, Universitas Terbuka, Dr. Suciati, dkk.
Dr. E. Mulyasa, M.Pd, 2009, Kompetensi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
H. Mustofa Kamil, 2009, Pengembangan PKBM di Indonesia, Pendidikan Nonformal, Alfabeta Bandung
Lefrancois, 2007, Kompetensi Guru, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Sihombing, 19008, Pendidikan Luar Sekolah Manajemen Strateg, Konsep Kiat dan
Prof. H. D. Nana Sudjana, 2009, Pendidikan Nonformal, Bandung, Falah
Copyright (c) 2021 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.