Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD

  • Afie Masithoh Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw dengan menggunakan media flipbook terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di Kelurahan Sidorejo. Subjek penelitian ini adalah anak kelas V SD di kelurahan Sidorejo sebanyak 10 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui evaluasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran awal dengan rata-rata 71,3 dan pengukuran akhir memperoleh hasil dengan rata-rata 87. Uji hipotesis menghasilkan t hitung sebesar -2.812b d dan Sig sebesar 0,005 dengan pengertian bahwa model pembelajaran Jigsaw berbantuan media flipbook berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan mendukung pemahaman siswa terhadap pada mata pelajaran IPS. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar IPS pada siswa yang sudah mencapai KKM.

References

Arikunto, S. 2006. Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asyhar, R. 2021. Kreatif mengembangkan media pembelajaran.
dan Raharjo, S. 2007. Cooperative Learning analisis model pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi aksara.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fajar, Arnie. 2004. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Hamdayana, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. 2015. Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4, pp. SNF2015-II).
Hidayati. 2004. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah KBBI. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi ke-3
Layyinah, L. 2017. Menciptakan Pembelajaran Fun Learning Base On Saintific Approach. Universitas Pendidikan Indonesia.
Matondang, Z.. Djulia, E., Sriadhi, S., & Simarmata, J. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.
Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Yogyakarta State University.
Permendikbud. 2006. Undang - Undang Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi dan tujuan mata pelajaran IPS pada tingkat satuan pendidikan SD/MI. Jakarta. Depdiknas.
Purwanto. 2009. Evaluasi hasil belajar. Pustaka Pelajar.
Putri, C. 2013. Pengaruh Kreativitas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.
Rahman, Yurni. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Full Day Scholl Terhadap Motivasi Belajar Siswa. FKIP Universitas Muhammadiyah Gorontalo.
Rahmawati, D., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook pada Materi Gerak Benda di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 326-332.
Rusman. 2008. Pembelajaran Jigsaw. Jakarta: Bumi Aksara
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Rajawali Pers.
Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Sapriya, S. 2009. Pendidikan IPS. PT. Remaja Rosdakarya.
Saputra, T. A. 2009. Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik. Eduhumanioral Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 1(2).
Soesilowindradini. 2004. Psikologi Perkembangan (masa remaja). Fakultas Ilmu Pendidikan. IKIP. Malang
Suprihatin, S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Mahasiswa Indonesia. FKIP Universitas Muhammadiyah Metro.
Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Susanti, S., 2018. Jenis-Jenis Media Dalam Pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran.
Susilana, R., & Riyana, C. 2008. Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.
Tim Depdiknas. 2003. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Mengenai Sistem Pendidikan Nasional.
Witherington, H. C. 1952. Readability of Textbooks in Educational Psychology. The Journal of Educational Research.
Published
2022-05-27
How to Cite
Masithoh, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(1), 21 - 27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i1.80