Penggunaan Video untuk Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Empat

  • Bening Sri Palupi Universitas Sebelas Maret
Keywords: Media Video, Problem Solving, Sekolah Dasar

Abstract

Keabstrakan materi pelajaran di sekolah dasar sekaligus karakteristik peserta didiknya menjadi tantangan bagi guru dalam mengemas pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan video untuk meningkatkan pembelajaran berbasis masalah di kelas empat sekolah dasar. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SDN 4 Kutosari, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara yang dianalisis secara interaktif berdasarkan Milles dan Huberman. Triangulasi teknik dan sumber digunakan untuk menguji kredibilitas data. Penelitian ini dilakukan pada pembelajaran IPS tentang masalah lingkungan akibat kegiatan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video mampu memberikan gambaran nyata bagi peserta didik dalam memahami masalah yang akan mereka pecahkan. Hal ini memberikan kemudahan bagi peserta didik dalam keterampilan memecahkan masalah.

References

Agustian, M., & Bernadetta. (2019). Efektivitas Pengalaman Belajar pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. KEGURU: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 1–13.

Budiman, N. (2006). Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Bustami, Y., Syafruddin, D., & Afriani, R. (2018). The Implementation of Contextual Learning to Enhance Biology Students’ Critical Thinking Tkills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 451–457. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.11721.

Depdiknas. (2006). Model Pembelajaran IPS Terpadu. Departemen Pendidikan Nasional: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2), 265–275. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Gunawan, A. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Penggunaan Media Pendidikan dalam Pembelajaran IPS SD. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2), 16–24.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Transformasi Pendidikan Abad 21 (pp. 96–102).

Herlina, L. (2020). Efektivitas Penggunaan Film dalam Mengajar Pronounciation. Jurnal BELAINDIKA, 2(2), 1–9.

Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi gaya Kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(1), 45–50.

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149.

Mahendra, H. H., & Febriani, W. D. (2019). Pembelajaran Berbasis Pendidikan Humanistik pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 7–14.

O’Neal, L. J., Gibson, P., & Cotten, S. R. (2017). Elementary School Teachers’ Beliefs about the Role of Technology in 21st-Century Teaching and Learning. Computers in the Schools, 1–15. https://doi.org/10.1080/07380569.2017.1347443

Portanata, L., Lisa, Y., & Awang, I. S. (2017). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 337–348.

Rahayu, I., Nuryani, P., & Hermawan, R. (2019). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pelajaran IPS SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 93–101.

Sapriya. (2014). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Mudir:Jurnal Manajemen Pendidikan, I(1), 58–78.

Sekali, P. B. K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Globalisasi Kelas VI SD Negeri 047175 Desa Simacem Bekerah Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Curere, 2(2), 122–132.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardan, D. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Susiani, T. S., Suhartono, Hidayah, R., & Salimi, M. (2019). Research-Based Learning (RBL): How to Improve Problem Solving Skills? In 3rd International Conference on Current Issues in Education (ICCIE 2018) (Vol. 326, pp. 411–417).

Tumini. (2019). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 4(2), 93–101. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5556

Published
2020-07-28
How to Cite
Sri Palupi, B. (2020). Penggunaan Video untuk Meningkatkan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Empat. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(2), 34-41. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i2.54