Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang

  • Desy Kusumawati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sa`odah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasi. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, penyebaran angket  dan dokumentasi. Jumlah seluruh populasi adalah 60 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang dan teknik pengambilan sampel menggunakan simple cluster sampling yang ambil sebanyak 30 siswa kelas IV MI Negeri 7 Kabupaten Tangerang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah penyebaran angket yang sebelumnya sudah diuji validitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment, yang diawali dengan uji normalitas chi kuadrat dari data yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat hubungan positif yang signifikan antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka (X) dengan rasa percaya diri (Y). hal ini terbukti dengan dilakukannya uji korelasi product moment sebesar 0,63 yaitu berarti berada pada interval 0,60-0,799 yang berarti memiliki korelasi tinggi. Untuk uji hipotesis diperoleh data untuk nilai t_hitung sebesar 4,290 sedangkan t_tabel (0,05) sebesar 2,048. Hal ini menunjukan bahwa nilai t_hitung ≥ t_tabel yang berarti H_0 ditolak. Dari hasil penelitian ini terdapat hubungan yang erat antara keikutsertaan ekstrakurikuler pramuka dengan rasa percaya diri siswa.

References

Ayunentyas. (2019). Penanaman Kedisiplinan Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD Negeri 1 Pundong Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 1 Tahun ke-8.

Azwar. (2012). Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga.

Azzet. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Latifah. (2019). Pengembangan Ekstrakurikuler Sekolah Dasar. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Mustari. (2019). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Nursiti. (2011). Pengembangan Kepribadian Bagi Para Profesional. Banten: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Sa'odah. (2017). Panduan Pendidikan Kepramukaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Sunardi. (2016). Ragam Latih Pramuka. Bandung: Darma Utama.

Published
2020-11-26
How to Cite
Kusumawati, D., Sa`odah, & Magdalena, I. (2020). Hubungan Keikutsertaan Ekstrakurikuler Pramuka dengan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas IV MIN 7 Kabupaten Tangerang. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(3), 26-33. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i3.50