ANALISIS PENGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM AL-AZHAR 21 PONTIANAK

  • Hery Kresnadi Universitas Tanjung Pura
  • Rio Pranata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penggunaan bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif karena peneliti ingin mendeskripsikan atau mendeskripsikan fakta atau gejala yang muncul dalam strategi penggunaan bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui: (1) teknik dokumentasi untuk menguji strategi penggunaan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran tematik; (2) teknik observasi untuk menggali data yang berkaitan dengan setiap aktivitas yang terjadi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan respon siswa sebesar 85,6%. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa penerapan produk bahan ajar multimedia interaktif model online dalam pembelajaran tematik di SD Islam Al-Azhar 21 Pontianak pada kategori Sangat Baik.

References

Delors, Jacques. 1996. Learning: The Treasure Within, Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris: UNESCO Publishing.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Fokus Media.

Fajri, Zaenol. 2018. Bahan Ajar Tematik dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jurnal Pedagogik, Vol. 05 No. 01, Januari-Juni 2018 ISSN : 2354-7960, E-ISSN : 2528-5793.

Mamat S. B. dkk. 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.

Muthoharoh, Miftakhul. 2017. Srategi Dan Metode Pembelajaran Tematik Serta Penerapannya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama. Jurnal Tasyri’: Volume 24, Nomor 1, April 2017.

Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Banjarmasin: Pustaka Banua.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Siddiq, M. D. 2008. Pengembangan Bahan Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Published
2020-11-26
How to Cite
Kresnadi, H., & Pranata, R. (2020). ANALISIS PENGUNAAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD ISLAM AL-AZHAR 21 PONTIANAK. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(3), 1-6. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i3.40