Efektivitas Penggunaan Film dalam Mengajar Pronunciation

  • Lina Herlina Nusa Putra University
Keywords: Pronunciation, Film, Mengajar Pronunciation

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah menonton film efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pronunciation dan (2) tanggapan siswa terhadap penggunaan film dalam meningkatkan kemampuan pronunciation mereka.. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif di Sekolah Menengah Atas Swasta di Sukabumi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 yang berjumlah 60 siswa. Data dikumpulkan dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan film dalam pembelajaran pronunciation tidak begitu berarti. Namun, siswa menyambut positif film sebagai media pembelajaran. Selain itu, penggunaan film dalam kegiatan belajar terbukti meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menyarankan agar film dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan.

References

Aliaga&Gunderson. (2002). Interactive Statistic (2nd Edition). United States: Prentice Hall.
Baluran, C. (2013). Use of Film and Podcasts in Teaching English Pronunciation to ESL Students. International Journal in Management and Social Science, 2321-1784. Vol.01 Issue-02. Tersedia pada http://www.ijmr.net (Diakses pada 13 Januari 2019).
Champoux & Anderson. (2007). Films as a teaching resource. Tersedia pada http://symptommedia.com/wpcontent/ uploads/teaching-resources.pdf (Diakses pada 30 Januari 2019)
Cohen, Manion, & Morrison. (2007). Research Methods in Education (6th Edition). New York: Routledge.
Cook & Campbell. (1979). Quasi experimentation: Design and Analysis issues for field settingd. Boston: Houghton Miffin Company.
Coolidge. (2000). Statistics: A Gentle Introduction. London: SAGE Publication Ltd.
Corrigen. T. (2001). A short film guide to writing about film 4th edition. New York: Longman.
Cresswell.. (1994). Research Design: Qualitative & Quantitative Approaches. United State: Sage Publications.
Dalton, C&Seidlhofer, B. (1994). Pronunciation. Oxford: Oxford University Press
Dirks. (N.d.). Adventure Films. Tersedia pada www.filmsite.org (Diakses pada 27 April 2019)
Fraser, H. (2001). Teaching Pronunciation: A Handbook for Teacher and Trainers (Three Framework for an Integrated Approach). Department of Education Training and Youth Affairs (DETYA): Department of Education Training and Youth Affairs (DETYA). Tersedia pada www.eslmania.com/teacher/esl_teacher_talk/Pronunciation_Handbook.pdf (Diakses pada 5 Januari 2019)
Haidara. 2014. Psychological Factor Affecting English Speaking Performance for the English Learners in Indonesia. Diamil dari eprints.uny.ac.id/24941/1/22.pdf (Diakses pada 13 Agustus 2019)
Jahan. (2011). Teaching and Learning Pronunciation in ESL/EFL Classes of Bangladesh. Journal of Education and Practice, 2222-288X. Vol.2, No.3. Tersedia pada www.iiste.org (Diakses pada 13 Januari 2019)
King, J. (2002). Using DVD feature film in the EFL classroom. Tersedia pada http://www.eltnewsletter.com/back/February2002/art882002.htm (Diakses pada 2 Februari 2019)
Lynch&Anderson. (2012). Effective English Learning: Unit 8. Pronunciation. ELTC Self-study materials. Tersedia pada http://ed.ac.uk/files/imports/fileManager /UNIT_8_Pronunciation.pdf (Diakses pada 5 Januari 2019)
Marza. (2014). Pronunciation and Comprehension of Oral English in the English as a Foreign Language Class: Key Aspects, Students’ Perceptions and Proposals. Journal of Language Teaching and Reserch. Vol.5, No. 2, pp. 262-273. doi: 10.4304/jltr.5.2.262-273.
Olenka, B. (2009). Improving Second Language Education: Pronunciation. Retrieved fromhttp://www.educ.ualberta.ca/staff/olenka.bilash/best%20of%20bilash/pronunciation.html (March 25th, 2016) Pratiwi, M. R. (2010). Improving Pronunciation Ability Using Cartoon. Tersedia pada http://core.ac.uk (Diakses pada 5 Januari 2019)
Rajadurai, J. (2001). An investigation of the effectiveness of teaching pronunciation to malaysian esl students. Tersedia pada https://americanenglish.state.gov/files/ae/resource_files/01-39-3-c.pdf (Diakses pada 15 April 2019)
Ruusunen, V. (2011). Using movies in efl teaching: The point of view of teachers. Master’s Thesis, University of Jyväskylä. Tersedia pada https://jyx.jyu.fi/dspace/bitstream/handle/123456789/URN:NBN:fi:jyu2011121611812.pdf?sequence=1 (Diakses pada 15 Januari 2019)
Shing & Yin. (2014). Using Film to Teach Speaking in the ESL Classroom: A Case Study. UNISEL Journal of Social Sciences and Humanities, 1 (1): 50-56. Tersedia pada http://ojs.journals.unisel.esdu.my/index.php/ujssh/article/downlod/5625 (Diakses pada 10 Januari 2019)
Shojaee (N.d). Teaching Pronunciation. Azad University. Tersedia pada portal.farsedu.ir/Portal/channels (Diakses pada 13 April 2019)
Sihombing, M. (2014). The Correlation Between The Students’ Pronunciation Mastery and Their Ability in Speaking. The Second International Conference on Education and Language (2nd ICEL), 2303-1417. Tersedia pada http://artikel.ubl.ac.id (Diakses pada 5 Januari 2019)
Stewart, D. (2006). Film English: Using Films to Teach English. Electronic Journal of English Education. Tersedia pada http://ejee.ncu.edu.tw/articles.asp?period=24&flag=24 (Diakses pada 15 Januari 2019)
Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tantri. (2013). English as Global Language Phenomenon and the Need of Cultural Conceptualizations Awareness in Indonesian ELT. Journal of English Language & Translation Studies, 2308-5460. Vol.1.2013. Tersedia pada www.eltsjournal.org (Diakses pada 12 April 2019)
Yatimah, D. 2014. The Effectiveness of Using Animated Film as The Medium in Writing Narrative Text. Tersedia pada http://wwwperpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/10c375e7ba9645b5.pdf (Diakses pada 17 Agustus 2019)
Published
2020-07-24
How to Cite
Lina Herlina. (2020). Efektivitas Penggunaan Film dalam Mengajar Pronunciation . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(2), 1-9. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i2.32