Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar

  • Syahna Apriani Syihabudin Universitas Nusa Putra
  • Trisna Ratnasari Universitas Nusa Putra

Abstract

Model Pembelajaran adalah dasar proses pembelajaran bahasa. Model pembelajaran ini dapat membantu dan mempermudah siswa dalam proses pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan prestasi belajar siswa. Pembelajaran bahasa harusĀ  mempertimbangkan fisik, minat, kecerdasan, dan lingkungan belajar siswa. Pendidikan bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa disekolah. Tak heran apabila mata pelajaran ini diberikan sejak masih bangku SD hingga lulus SMA. Dari situ siswa diharapkan sisa mampu menguasai, memahami, danĀ  dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa. Seperti membaca, menyimak, menulis dan berbicara. Pendidikan di era-modern di tuntut dengan suatu hal yang baru, hal ini di karenakan dalam pengajaran suatu pembelajaran di suatu sekolah secara khusus berbeda-beda tergantung dari materi, media dan metode yang digunakan. Pengajaran yang konvensional saat ini membuat siswa merasa jenuh akan proses pembelajaran sehingga diperlukan suatu pembelajaran yang menarik perhatian siswa khususnya pada pendidikan sekolah dasar. Sampai ketingkat-tingkat selanjutnya pola yang digunakan juga praktis tidak mengalami perubahan yang sangat signifikan. Pengajaran bahasa Indonesia yang monoton telah mebuat para siswa mulai merasa gejala kejenuhan akan belajar terutama dalam bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia tidak dimasukkan untuk mempelajari fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik secara tepisah-pisah. Fonolofi, morfologi, sintaksis, dan semantik diajarkan dalam konteks perlunya unsur bahasa itu untuk memproduksi bahasa yang baik dan benar dan komunikatif. Hal yang perlu diperhatikan adalah konteks penggunaannya, tujuan belajar bahasa adalah memperoleh kemampuan menggunakan bahasa untuk berbagai keperluan, sesuai dengan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa. Setiap permainan bahasa yang dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran harus secara langsung dapat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

References

Apri Damai Sagita Krissandi, B. Widharyanto dkk. 2017. Pembelajaran bahasa Indonesia untuk SD (pendekatan dan teknis) Jakarta: Penerbit Media Maxima.

Ayurosita,Septiani. 2019. Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar, Sudah Efektifkah?. www.kompasiana.com/amp/septiani ayurosita/5c7debc743322f35190fea 66/kurikulum-2013-di-sekolahdasar-sudah-efektifkah (diakses 15 juli 2020).

Elkhair,Syuja. 2012. Artikel Pembelajaran Bahasa.https://www.scribd.com/doc /76888718/ARTIKELPEMBELAJARAN-BAHASA (diakses tanggal 16 juli 2020)

Nursyaidah, M.Pd. 2013. Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif. Logaritma Vol. I, hal72

Krisitarsia, Paulina Suandang, Dkk. 2012. Model-Model Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. http://detroitnumb.blogspot.com/2012/06/model-model-pembelajaranbahasa-dan.html? m=1 (diakses tanggal 15 juli 2020)

Published
2020-03-12
How to Cite
Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21-31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26