Analisis Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Zat Melalui Pratikum Pembuatan Es Krim Putar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa tentang konsep perubahan wujud zat melalui praktikum pembuatan es krim putar. Metode kualitatif deskriptif digunakan untuk mengamati dan mendokumentasikan proses praktikum yang melibatkan perubahan wujud dari cair ke padat, padat ke cair, dan cair ke gas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum ini efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Sebelum praktikum, banyak mahasiswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan proses perubahan wujud zat. Namun, setelah praktikum, mayoritas mahasiswa mampu mendeskripsikan proses tersebut dengan baik. Hasil ini menunjukkan bahwa 80% mahasiswa memahami konsep yang diajarkan melalui praktikum, sementara 20% masih mengalami kesulitan. Praktikum ini tidak hanya memperkaya pengetahuan teoretis mahasiswa, tetapi juga mengembangkan keterampilan praktis dan kolaboratif mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendekatan pengajaran praktis dan langsung sangat penting dalam pembelajaran sains untuk membantu mahasiswa memahami konsep-konsep fisika dengan lebih baik.
References
S. Pertiwi, “Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match Di SD Negeri 83 Palembang,” Scholast. J. J. Pendidik. Sekol. DASAR DAN Pendidik. DASAR (Kajian Teor. dan Has. Penelitian), vol. 2, no. 1, pp. 144–153, 2019, doi: 10.31851/sj.v2i1.7563.
Suyatman and M. M. Chusni, “Pembelajaran Ipa Berbasis Riset,” p. 1, 2021.
W. N. Ady, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa SMA terhadap Mata Pelajaran Fisika pada Materi Gerak Lurus Beraturan,” J. Pendidik. dan Ilmu Fis., vol. 2, no. 1, p. 104, 2022, doi: 10.52434/jpif.v2i1.1599.
I. W. Muderawan, I. G. L. Wiratma, and M. Z. Nabila, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 3, no. 1, p. 17, 2019, doi: 10.23887/jpk.v3i1.20944.
Y. Ratnasari, “Penerapan Model Pembelajaran Latihan Penelitian Untuk Meningkatkan Pengasaan Konsep IPA Di SD Gondoharum Kudus,” J. Penelit. Teknol. Pendidik., vol. 17, no. 01, pp. 1–10, 2019.
R. R. et al Wandini, “Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, no. 3, pp. 1349–1358, 2022.
L. Nur Azizah, M. Fastawa Aqidah, R. Kholifatul, and W. Kurniawati, “Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Tentang Wujud Zat Dan Perubahannya Pada Mata Pelajaran Ipa,” J. Penelit. Pendidik. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 206–212, 2023, [Online]. Available: https://galeribreskia.blogspot.com
U. M. Nisa, “Metode praktikum untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas V MI YPPI 1945 Babat pada materi zat tunggal dan campuran,” Proceeding Biol. Educ. Conf. Biol. Sci. Enviromental, Learn., vol. 14, no. 1, pp. 62–68, 2017.
R. Candra and D. Hidayati, “Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA,” Edugama J. Kependidikan dan Sos. Keagamaan, vol. 6, no. 1, pp. 26–37, 2020, doi: 10.32923/edugama.v6i1.1289.
A. Anjarwati, I. Setyawati, N. A. Wijaya, R. Sholeha, and S. D. M. Putri, “Meningkatkan Pengetahuan Peserta Didik Mengenai Perubahan Wujud Benda Pada Mata Pelajaran IPA,” J. Pendidikan, Sains Dan Teknol., vol. 1, no. 1, pp. 60–66, 2022, doi: 10.47233/jpst.v1i2.276.
S. Bektiarso, I. K. Mahardika, D. E. Ferli, F. I. Septiviana, F. A. Wahyudi, and W. A. Fadila, “Analysis of Physics Concept in the Making of Rotary Ice Cream,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 2023, no. 2, pp. 575–579, 2023.
Rusandi and Muhammad Rusli, “Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus,” Al-Ubudiyah J. Pendidik. dan Stud. Islam, vol. 2, no. 1, pp. 48–60, 2021, doi: 10.55623/au.v2i1.18.
R. N. Anggraeni, F. Fakhriyah, and M. N. Ahsin, “Peran orang tua sebagai fasilitator anak dalam proses pembelajaran online di rumah,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 2, p. 105, 2021, doi: 10.30659/pendas.8.2.105-117.
R. Rejeki, M. F. Adnan, and P. S. Siregar, “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 337–343, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.351.
I. Muhdiyati and I. I. S. Utami, “Jurnal perseda,” J. Persada, vol. III, no. 3, pp. 176–181, 2020.
I. Nurwahidah and D. S. Sari, “Analisis Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Ipa Dalam Melakukan Praktikum Dan Berkolaborasi,” EduTeach J. Edukasi dan Teknol. Pembelajaran, vol. 3, no. 2, pp. 1–10, 2022, doi: 10.37859/eduteach.v3i2.3795.
W. Pujiastuti, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sekardoja Mengenai Perubahan Wujud Zat,” J. Penelit. Guru, vol. 2, pp. 56–65, 2023.
P. H. A. Burhan, Suherman, “Media Eksakta,” Available, vol. 17, no. 1, pp. 46–51, 2021.
Copyright (c) 2024 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.