Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar

  • Raida Namira Aulia Universitas Nusa Putra
  • Risma Rahmawati Universitas Nusa Putra
  • Dede Permana Universitas Nusa Putra

Abstract

Artikel ini memaparkan peranan penting evaluasi pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Penulisan artikel ini dilakukan melalui studi pustaka yakni menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau  masalah yang menjadi objek pembahasan. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini karena bila seorang pendidik tidak melakukan Evaluasi, sama saja tenaga pendidik tersebut tidak ada perkembangan dalam merancang sistem pembelajaran. Sehingga peserta didik bisa saja merasa bosan dengan sistem belajar yang terus menerus sama. Tenaga pendidik harus menciptakan Inovasi baru untuk memperbaharui sistem pembelajaran yang akan ia terapkan di dalam kelas, mulai dari materi, metode, media, sumber belajar, lingkungan dan sistem penilaian. Dalam merancang evaluasi pembelajaran, tenaga pendidik juga harus memperhatikan prinsip dasar evaluasi dan syarat-syarat yang harus diperhatikan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas membawa konsekuensi kepada seorang guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya, sebab guru yang kompeten akan lebih mampu mengelola kelas dan melaksanakan evaluasi bagi siswanya baik secara individu maupun kelas. Evaluasi merupakan usaha untuk memperoleh informasi tentang perolehan belajar siswa secara menyeluruh, baik pengetahuan, konsep, sikap, nilai, maupun keterampilan proses. Hal ini dapat digunakan oleh guru sebagai balikan maupun keputusan yang sangat diperlukan dalam menentukan strategi belajar mengajar. Untuk maksud tersebut guru perlu mengadakan penilaian, baik terhadap proses maupun terhadap hasil belajar siswa.

References

Alvi Mutia Nurulshifa, Suharto Linuwih, Parmin. (2014). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Siswa Pada Tema Cahaya. Unnes Science Education Journal. Vol (3) No.1. Hal. 403-409.

Asep Muhyidin. (2017). Evaluasi Pembelajaran Membaca Permulaan di Kelas Awal Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi PGMI. Vol (4) No.2. Hal 139-146.

Baharudin, Hasan. (2016). Penilaian Berbasis Kelas Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah. Modeling: Jurnal Program tudi PGMI. Vol (3) No.2. Hal.205-216.

Dewi, Sri Soraya Utami. (2015). Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Permulaan pada Anak Kelas Awal Sekolah Dasar. Modeling: jurnal program studi PGMI. Vol (3) No.1. Hal.1-13.

Enny Zubaidah. (2001). Pemanfaatan sastra anak-anak dalam evaluasi pembelajaran bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”. Vol (1) No.2. Hal. 1-7.

Etemen, Komang. (2010). Peranan Evaluasi Pembelajaran Bahasa Online. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Ganesha. Vo (43) No.3. Hal. 207-211.

Halimah, andi. (2014). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di SD/MI. Jurnal Aladuna. Vol.1 No.2. Hal.190-200.

Harjono, Nyoto. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 Sekolah Dasar. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol (1) No.1. Hal. 17-28.

Sulistiany Nuny. (-) Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol (-) No.(-). Hal. 16.

Ivo Basri K. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol (1) No.4. Hal 247-751.

Nuriyah, N. 2014. Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos, Vol. III. Hal. 73-86.

Pitadjeng. (2009). Peningkatan Kerja Ilmiah Siswa Kelas II SD dengan Pengembangan Pembelajaran tematik. Jurnal Kependidikan. Vol (39) No.2. Hal. 7-94.

Pratiwi Pujiastuti, Sekar Purbarini Kawuryan, dan Unik Ambarwati. (2017). Jurnal Kependidikan. Vol (1) No.2. Hal. 17-199.

Purwanto. (1992). Pengertian Tes Dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Saptono Hadi. (2019). Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual. Vol (3) No.1. Hal.74-78.

Zuhud, D. A. (1995). Faktor-faktor Kondusif dalam Mempersiapkan Silabus dan Materi Proses Belajar Mengajar bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia

Published
2020-03-16
How to Cite
Aulia , R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1-9. Retrieved from https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22