Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur

  • Samsul Pahmi Nusa Putra University
  • Giri Verianti Nusa Putra University
  • Wiwin Winarni Nusa Putra University
  • oktavia rahmadiani nusa putra
  • Mutiara Azzahra Nusa Putra University
Keywords: Philosophy, Profesionalism, Teacher

Abstract

Jurnal ini menganalisis literatur dan membahas peran penting filsafat ilmu pendidikan dalam membangun profesionalisme guru sekolah dasar. Dengan membantu guru memahami tujuan pendidikan dan merancang pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip filosofis, filsafat pendidikan memberikan landasan teoritis yang penting untuk pengembangan profesionalisme guru. Penelitian ini menekankan betapa pentingnya memahami standar profesi guru, bagaimana meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran, bagaimana mengelola kelas, dan bagaimana menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mencapai tujuan pendidikan yang lebih holistik dan berkualitas, tinjauan literatur ini diharapkan dapat memberikan panduan untuk pengembangan profesionalisme guru sekolah dasar.

References

Amri. (2009). Studi Filsafat Pendidikan. Banda Aceh. Yayasan Pena.

Anggito. (2017). Pentingnya Filsafat Pendidikan Sebagai Dasar Peningkatan Profesionalisme Guru. Last Modified.

Anggito. (2017b). Pentingnya Filsafat Pendidikan Sebagai Dasar Peningkatan Profesionalisme Guru. Last Modified.

Aryana. (2021). Urgensi Pendidikan Karakter (Kajian Filsafat Pendidikan). 11(1), 1-10.

Atmadja. (2014). Saraswati dan Ganesha sebagai Simbol Paradigma Interpretativisme dan Positivisme Visi Integral Mewujudkan Iptek dari Pembawa Musibah Menjadi Berkah bagi Umat Manusia.

Djamaluddin, A. (2014). Filsafat Pendidikan (Educational Phylosophy). Istiqra’, 1(2), 129–135.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Hasan. (2023). AKSIOLOGI ILMU PENGETAHUAN (Telaah Tentang Manfaat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ilmu Dakwah). Jurnal Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, Vol 3(No 1), 2549–4961.

Juliangkary, E., & Pujilestari, P. (2022). Kajian Literatur Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2571–2575. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3839

Kurnia, S., Novia Santi, A., Dwi Hendri Yenni, T., Ayu, M., & Negeri Padang, U. (2023). 5098 Pentingnya Penerapan Filsafat Pendidikan Oleh Guru Sekolah Dasar. 08, 2477–2143.

Muhammad Kristiawan, N. R. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Muhammad kristiawan. (2016). Filsafat 2016.

Mustadi. (2015). Landasan pendidikan sekolah dasar. UNY Press, 174.

Nurgiansah, T. H. (2020). Buku Filsafat Pendidikan. Filsafat Pendidikan, 13.

Rahayu, N. A. P. (2021). Tinjauan Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi Peningkatan Ketereampilan Menulis Deskripsi Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 133–139.

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam tinjauan filsafat: ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172–186. https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/124

Rusli, S. M., & Zaim, M. (2022). Penerapan Filsafat Pendidikan Dengan Inovasi Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(4). https://doi.org/10.58258/jupe.v7i4.4543

Setyawan, A., Sholihah, A., Rita, S. M., Alfiya, N., & Nurfajri, R. A. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran SD Pangpong. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 1(1), 570–571.

Sholihan, S. (2018). Strategi Pembelajaran Kitab Kuning Melalui Bantuan Materi Al-Miftah Lil Ulum Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(2). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i2.66

Susanti, & Saud. (2016). Efektifitas pengelolaan pengembangan profesionalitas guru. Jurnal Administrasi Pendidikan, 13(2).

Susanto. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Syaiful. (2017). Kemampuan profesional guru dan tenaga kependidikan: pemberdayaan guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat dalam manajemen sekolah.

Tedi, S. (2022). URGENSI FILSAFAT PENDIDIKAN DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR.

Utama. (2021). Filsafat Ilmu dan Logika Manajemen dan Pariwisata. Deepublish.

YULIUS, R. E. (2022). HUBUNGAN FILSAFAT, PENDIDIKAN, DAN KURIKULUM. May 2021.

Published
2024-07-31
How to Cite
Pahmi, S., Verianti, G., Winarni, W., rahmadiani, oktavia, & Azzahra, M. (2024). Peran Filsafat Ilmu Pendidikan dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 137-144. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.173