Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching

  • Setiyani Universitas Kristen Satya Wacana
  • Adi Winanto Pendidikan Profesi Guru, Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Culturally responsive teaching, problem solving skills, problem based learning, mathematics

Abstract

Kemampuan peserta dididk dalam memecahkan masalah yang masih rendah di kelas 1-A SDN Sidorejo Lor 03 pada pembelajaran matematika melatar belakangi dilaksanakannya penelitian ini. Pada penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) yang berlangsung sebanyak dua siklus, terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Tujuan penelitian ini, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan mengimplementasikan model problem based learning berpendekatan culturally responsive teaching. Metode tes dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dilihat dari ketuntasan klasikal sebesar 21% dari siklus 1 ke siklus 2. Ketuntasan klasikal siklus 1 sebanyak 17 atau 61% kemudian naik pada siklus 2 sebanyak 23 peserta didik atau 82%. Selain itu, persentase kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 71% kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 85%.

References

Alfiandari, Lely, Alman Alman, and Sahidi Sahidi. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Langkah- Langkah Polya Materi Bangun Ruang Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4 (1): 34–40.

Hadi, Sutarto, and Radiyatul Radiyatul. 2014. “Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (1): 53–61.

Jatisunda, Mohamad Gilar, and Dede Salim Nahdi. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Scaffolding.” Jurnal Elemen 6 (2): 228–43.

Jayadiningrat, Made Gautama, and Emirensia K. Ati. 2018. “Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia.” Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia 2 (1): 1.

Krasnoff, Basha. 2016. Culturally Responsive Teaching. Region X Equity Assistance Center Education Northwest.

Mariam, Shinta, Nuni Nurmala, Devina Nurdianti, Nadila Rustyani, Amaliya Desi, and Wahyu Hidayat. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN Dengan Menggunakan Metode Open Ended Di Bandung Barat.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1): 178–86. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.94.

Maryono, Karya Sinulingga, Derlina, and Ratni Sirait. 2021. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Kultur Budaya Jawa Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching.” Jurnal Pendidikan Fisika 10 (1): 13–24.

Mauleto, Kamelia. 2019. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator NCTM Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa DI Kelas 7B SMP Kanisius Kalasan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 4 (2): 125–34.

Mukti, A A B, and E Soedjoko. 2021. “Kemampuan Siswa Pada Aspek Berpikir Kreatif Ditinjau Dari Gaya Belajar Melalui Pembelajaran Problem Posing Berbasis Open-Ended Problem.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional 4: 26–36.

Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurul Hikmah, Besse, Nasaruddin, and Syamsuryani Eka Putri Atjo. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iv Sd Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sajoanging Kabupaten Wajo.” NSJ: Nubin Smart Journal 3 (2): 1–10.

Rahmani, Wirda, and Nurbaiti Widyasari. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Media Tangram.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 4 (1): 17.

Rangkuti, Cirvy Jani Saputri, and Sukmawarti. 2022. “Problematika Pemberian Tugas Matematika Dalam Pembelajaran Daring” 2 (2): 593–600.

Rezeqi, Selly, and Wardani Rahayu. 2023. “Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika SMA/SMK.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 5 (2): 11–20.

Shoit, A, R Rasiman, L Harun, and M Harianja. 2023. “Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Pembelajaran Problem-Based Learning Pendekatan Culturally Responsive Teaching Dengan Strategi Scaffolding.” Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics) 8 (1): 126–39.

Sriwahyuni, Krisnawati, and Iyam Maryati. 2022. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika.” Inomatika 4 (1): 19–30.

Supraptinah, Umi. 2019. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning.” Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan 2 (2): 13.

Vera, Tensi Olga, Putri Yulia, and Nur Rusliah. 2021. “Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Problem Based Learning Dengan Menggunakan Soal-Soal Berbasis Budaya Lokal.” Logaritma : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains 9 (01): 1–14.

Published
2024-07-31
How to Cite
Setiyani, & Winanto, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching . Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 205-215. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.171