Inovasi Manajemen Kurikulum Merdeka: Membangun Landasan yang Kokoh untuk Pendidikan Abad ke-21
Abstract
Manajemen kurikulum adalah suatu disiplin ilmu yang bertujuan untuk merencanakan, mengoptimalkan, melaksanakan, dan mengukur kurikulum suatu lembaga pendidikan. Kurikulum sendiri merupakan suatu program pendidikan yang terdiri dari sekumpulan topik pembelajaran yang harus dipelajari siswa dalam jangka waktu tertentu. Manajemen kurikulum adalah penyelenggaraan pelaksanaan kurikulum yang bermakna dan berhasil untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditentukan. Perkembangan manajemen kurikulum dimulai dengan adanya gerakan reformasi pendidikan pada awal abad ke-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan pendidikan abad 21 dan mengusulkan konsep dan strategi inovatif dalam manajemen kurikulum sebagai solusinya. Metode penelitian yang digunakan adalah tinjauan pustaka untuk memahami teori-teori yang relevan. Hasil penelitian menyoroti pentingnya inovasi dalam manajemen kurikulum sebagai kunci untuk mengatasi tantangan abad ke-21, seperti kemajuan teknologi dan globalisasi. Implikasi dari manajemen kurikulum inovatif abad 21 antara lain kebebasan belajar, peningkatan keterampilan abad 21, dan penerapan model blended learning sebagai metode pembelajaran yang fleksibel.
References
Dafa, A. T. (2020). Kebijakan Pengembangan Kurikulum disekolah dasar (sebuah tinjauan Kurikulum 2006 hingga kebijakan merdeka belajar). Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(2), 103-110.
Irawan, C. M. (2023). Kurikulum Merdeka dan Pengembangan Peangkat Pembelajaran Sebagai Solusi Menjawab Tantangan Sosial dan Keterampilan abad-21 . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. Diambil dari https://ejournal.untirta.ac.id/SNPNF/article/view/84
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1, 10-15.
Jyoti, D. (2021). Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan globalisasi. Jurnal Internasional Sains Inovatif dan Teknologi Penelitian , 6 (5), 224-226.
Marisa , M. (2021). Inovasi Kurikulum " Merdeka Belajar'' di era socienty 5.0 Santhet . Jurnal Sejarah,Pendidikan,Dab Humaniora, 5(1), 66-78.
Maskur, R. (n.d.). Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum . Aura.
Nimawati, N, & Zaqiah, Q. Y. (2020). Proses Inovasi Kurikulum: Difusi dan Diseminasi Inovasi, Proses Keputusan Inovasi . MISYKAT Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran Hadist Syari ah dan Tarbiyah , 5(2), 81-89.
Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0 . Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan , 3(3), 830-838.
Republik, Indonesia(2003). Undang-undang No 20 tahun 2003 tentang pendidikan nasional. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tinggi Jakarta.
Sholeh, M. I., Lestari, A., Erningsih, E., Yasin, F., Saleh, F., Suhartawan, V. V., ... & Arianto, T. (2024). Manajemen Kurikulum. CV. Gita Lentera.
Wahidah, NI, Sakung, NT, & Anjarwati, S. (2023). Analisis Penelitian Dfusi Inovasi Kurikulum Merdeka di tingkat Sekolah . Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan , 9(14), 786-793. https://doi.org/10.5281/zenodo.8191247
Copyright (c) 2024 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.