Challenges of Teaching Indonesian in Elementary Shcools

  • Rosmala Mala Universitas Islam Makassar
  • Rahma Ashari Hamzah Universitas Islam Makassar

Abstract

Artikel ini membahas tentang tantangan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tantangan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang dihadapi oleh guru,untuk mendeskripsikan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi tantangan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar,untuk menjelaskan upaya dalam meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar,untuk mengetahui apa saja peluang pembelajaran bahasa Indonesisa di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis library research, implikasi hasil penelitian ini memberikan sumbangan penting untuk meningkatkan efektiviitas pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah ditingkat dasar. Hasilnya memberikan wawasan mendalam tentang kompleksitas pengajaran bahasa Indonesia di tingkat dasar, menyoroti potensi perbaikan pada aspek kurikulum dan strategi pelajaran guna meningkatakan efisiensi dan efektifitas pendidikan bahasa di tahap awal pendidikan. Studi ini memberikan kontribusi untuk pemahaman lebih lanjut tentang tantangan dalam mendukung pengembangan keahlian berbahasa pada tingkat dasar.

References

D. Mardiana, R. . Teguh Supriyanto, and R. Pristiwati, “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa,” Tunas J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 2, pp. 1–18, 2021, doi: 10.33084/tunas.v6i2.2519.

S. Hadi, U. N. Ulama, and I. Language, “Bahasa Indonesia Di Jenjang,” vol. 3, no. 2, 2019.

M. Z. Hamzah and M. A. Khoiruman, “Problematik Pendidikan Bahasa Indonesia Kajian Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Sekolah Dasar,” J. Syntax Transform., vol. 2, no. 06, pp. 843–848, 2021, doi: 10.46799/jst.v2i6.307.

O. . M. . Ali M, Arif W.P, Bahasa dan Sastra Indonesia SD Berorientasi Kurikulum Merdeka, no. Juli. 2022.

N. D. Lestari, “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Upayanya Dalam Menghadapi Tantangan Era Society 5.0,” EDUKASI - J. Pendidik., vol. 20, no. 2, pp. 162–176, 2022.

D. Yulianto and A. S. Nugraheni, “Efektivitas Pembelajaran Daring Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia,” Decod. J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 33–42, 2021, doi: 10.51454/decode.v1i1.5.

D. E. Subroto, Supriandi, R. Wirawan, and A. Y. Rukmana, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 07, pp. 473–480, 2023, doi: 10.58812/jpdws.v1i07.542.

H. Ibda and A. G. Wijanarko, Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital. CV. Pilar Nusantara, 2022. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=JaZeEAAAQBAJ

M. P. Cholifah, Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. CV. AZKA PUSTAKA, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=lHbMEAAAQBAJ

A. D. S. K, B. Widharyanto, R. P. Dewi, T. Diman, and M. Maxima, Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: Pendekatan dan Teknis. Media Maxima, 2018. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=8-ZMDwAAQBAJ

Published
2024-03-31
How to Cite
Mala, R., & Ashari Hamzah, R. (2024). Challenges of Teaching Indonesian in Elementary Shcools. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(1), 29 - 35. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i1.152