Analysis of The Implementation of Indonesian Language Learning Assessment in Class VII SMP Negeri 3 Baleendah
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini yaitu menuangkan pengalaman berupa implementasi asesmen mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Baleendah. Sesuai dengan kebijakan sekolah yang menerapkan kurikulum yang digunakan tiap tingkatan kelas ternyata berbeda, terdapat dua kurikulum yang dianut, yakni kurikulum merdeka untuk kelas VII dan VIII, sedangkan kelas IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan asesmen apa saja yang dipakai di SMP Negeri 3 Baleendah. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan melibatkan wawancara guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Baleendah yang mengajar di kelas VII. Jenis asesmen yang dipakai meliputi diagnosis, formatif, dan sumatif. Guru juga memanfaatkan teknologi seperti Quizizz, Google Form, Power Point, dan Google Classroom. Hasil dari asesmen pencapaian peserta didik berupa soal esai dan remedial menggunakan soal yang sama untuk memperbaiki kurang tepatnya jawaban.
References
Keti, Abdussamad, Ahmad Rabi’ul M. (2021). Analisis Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 17 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9).
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In D. A. M. A. Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9). https://doi.org/10.1017/CBO978110741 5324.004
Irwan, Ichsan F.N., Gistituati N., Marsidin S. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 27(2). http://dx.doi.org/10.24114/jpbp.v27i2.26432
Copyright (c) 2024 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.