Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan

  • Yassir Lana Amrona Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Abid Nurhuda Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta
  • Anas Assajad Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anggi Ariska Putri UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Anastasia Anastasia UIN Raden Mas Said Surakarta

Abstract

Kualitas pendidikan yang baik selalu diusahakan dengan berbagai cara untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien sehingga mencerminkan keberhasilan dari program pendidikan tersebut. Dan salah satu caranya adalah dengan melakukan manajemen peserta didik, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait Manajemen Peserta Didik Sebagai Sarana Dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan model pendekatan studi pustaka saat pengumpulan data, kemudian dianalisis isinya dan disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen peserta didik adalah bagian integral dari sistem pendidikan yang memiliki tujuan dan fungsi yang kompleks. Hal tersebut karena ia mencakup berbagai aspek seperti perencanaan, penerimaan peserta didik baru, pengembangan kemampuan individual maupun sosial peserta didik, serta pengawasan dan pembinaan disiplin. Dan semua itu bertujuan untuk mengatur kegiatan peserta didik agar mendukung proses pembelajaran di sekolah, sekaligus memegang prinsip bahwa peserta didik harus diperlakukan sebagai subjek aktif sehingga pendekatan yang digunakan bisa bersifat kuantitatif, kualitatif, ataupun terpadu tergantung pada tujuan dan karakteristik dari pada peserta didik itu sendiri. Maka manajemen peserta didik menjadi elemen penting yang mendukung kesuksesan dalam pendidikan sehingga berperan, berfokus serta mengutamakan pada perkembangan pribadi, sosial, non akademik dan akademik peserta didik.

References

A. Nurhuda en N. A. Setyaningtyas, “Implementasi Pembelajaran Ilmu Hadist di MAN 1 Boyolali saat Pandemi ( The Implementation of Hadith Science Learning in Man 1 Boyolali During the Pandemic )”, J. Nusant. Mengabdi, vol 1, no 2, bll 63–76, 2022.

A. Hofman en R. H. Hofman, “Smart Management in Effective Schools: Effective Management Configurations in General and Vocational Education in the Netherlands”, Sage Journals, vol 47, bll 620–645, 2011.

B. A. Akbuber en dkk, “The Gifted Student Workshop: A Method Proposal For The Evaluation Of Gifted Student Problems In Science and Art Centers”, J. Gift. Educ. Creat., vol 6, no 1, bll 22–39, 2019.

G. Lazakidou en S. Retalis, “Using Computer Supported Collaborative Learning Strategies for Helping Students Acquire Self-Regulated Problem-Solving Skills in Mathematics”, J. Comput. Educ., no 1, bll 3–13, 2010.

A. Nurhuda en Y. Putri, “The Urgence of Teacher’s Example for Student Education in School”, J. Corner Educ. Linguist. Lit., vol 2, no 3, bll 250–257, 2023.

T. D. A. P. U. P. Indonesia, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

M. Murjazin, A. Nurhuda, en T. Aziz, “Community Social Education in the Perspective of the Hadith of the Prophet Muhammad SAW”, IJECA (International J. Educ. Curric. Appl., vol 6, no 2, bll 161–170, 2023, doi: https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.16418.

A. Khiyaroh, M. I. Syafii, C. Mutia, A. F. Mujtahid, D. Endah, en A. Nurhuda, “The Influence of Jamaluddin Al-Afghani’s Pan-Islamic Movement on the Fighting Spirit of Muslims in Various Countries”, Fahima, vol 2, no 1, bll 1–12, 2023.

S. Danim en Y. Danim, Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

A. Imron, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

S. P. Robbins en M. Coultar, Management. New Jersey: Prentice Hall, 1996.

P. Atmasudirjo, Dasar-Dasar Ilmu Administrasi. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1982.

S. Sagala, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2007.

M. S. . Hasibuan, Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Prestasi Pelajar, 2001.

P. M. Mutohar, Manajemen Mutu Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

S. B. Djamarah, Guru Dan Anak Didik Dalam Intreraksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

D. S. Prawiradilaga, Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group, 2007.

A. Hermino, Manajemen Kemarahan Siswa: Kajian Teoritis dan Praktis dalam Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

D. S. Prawirdilaga, Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

M. Mustari, Manajemen Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2014.

S. Arikunto, Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: Rajawali Pers, 1986.

Suryobroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

A. H. Gunawan, Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

H. . Daryanto, Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

A. Nurhuda, “Islamic Education in the Family : Concept , Role , Relationship , and Parenting Style”, vol 2, no 4, bll 359–368, 2023, doi: https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.153.

A. Sudrajat, “Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik”, wordpress, 2023. https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2010/02/14/konsep-dasar-manajemen-peserta-didik/ (toegang verkry 09 November 2023).

L. Susanti, M. F. Al Khoiron, A. Nurhuda, en M. Al Fajri, “The Reality of Tarbiyah, Ta’lim, and Ta’dib in Islamic Education”, SUHUF, vol 35, no 2, bll 11–19, 2023, doi: 10.23917/suhuf.v35i2.22964.

M. Muspawi, “Memahami Konsep Dasar Manajemen Peserta Didik”, J. Ilm. Univ. Batanghari Jambi, vol 3, no 2, bll 744–750, 2020.

Y. Putri en A. Nurhuda, “Hasan Al-Banna’s Thought Contribution to the Concept of Islamic Education”, Int. J. Contemp. Stud. Educ., vol 2, no 1, bll 34–41, 2023.

A. Nurhuda en N. Aini, “Bergandengan di Tengah Keberagaman (Moderasi Beragama di Indonesia)”, J. Sudut Pandang, vol 2, no 9, bll 24–27, 2021, doi: https://doi.org/10.55314/jsp.v2i9.196.

Syafaruddin en Nurmawati, Pengelolaan Pendidikan: Mengembangkan Keterampiran Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan: Perdana Publishing, 2011.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jendral Pendidikan Dasar, 2013.

A. Nurhuda, “Benchmarking and Exploring Educational Tourism in Malaysia”, vol 2, no 1, bll 1–11, 2023.

K. H. Lee, Solution for Early Childhood Directors: real answer to everyday challenges. Lewisville: Gryphon House, 2003.

M. Murjazin, A. Nurhuda, L. Susanti, en Y. S. Azami, “Psychological and Physiological Motives in Humans (Study on Verses of The Qur’an)”, Suhuf, vol 35, no 1, bll 30–44, 2023, doi: 10.23917/suhuf.v35i1.22581.

Fathurrohman, “Memahami Manajemen Kesiswaan dalam Lembaga Pendidikan Islam”, wordpress, 2023. https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/10/07/memahami-manajemen-kesiswaan-dalam-lembaga-pendidikan-islam (toegang verkry 09 November 2023).

Published
2023-12-02
How to Cite
Amrona, Y. L., Nurhuda, A., Assajad, A., Putri, A. A., & Anastasia, A. (2023). Manajemen Peserta Didik sebagai Sarana dalam Mencapai Keberhasilan Tujuan Pendidikan. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(3), 93 - 103. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i3.124