Pengaruh Karakter Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kelas XI Sekolah MA Siritaun Suru

  • risal risal STKIP HUNIMUA

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan unsur penting yang tidak dapat dipisahkan dari jiwa generasi, lahirnya generasi sebagai dorongan dalam kemajuan suatu negara sehingga menjadi perhatian pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pendidikan yang berkualitas dapat memberikan dampak positif terhadap generasi dalam dunia kerja. Kualiatas generasi dalam dunia pendidikan juga melibatkan krakter siswa yang bermuara pada krakter yang baik dan membentuk suatu prinsip kedisiplinan belajar untuk mewujudkan prestasi belajar siswa.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh krakter siswa terhadap prestasi belajar siswa. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sesuai analisis regresi linier sederhana yang mengunakan SPSS versi 26 sehingga hasil Penelitian membuktikan bahwa adanya pengaruh signifikan antara krakter siswa terhadap prestasi belajar siswa. Yang artinya Ha di terima dan Ho di tolak. Sampel penelitian ini terdiri dari 21 Siswa. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan kuesioner yang telah di sebarkan pada siswa Kelas XI Sekolah MA Siritaun Suru.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, S., Tri, M., & Siti Kholidatur, R. (2018, Juli). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2, No. 2.

Anwar, M. K. (2017, Desember). Pembelajaran Mendalam Untuk Membentuk Krakter Siswa Sebagai Pembelajar. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Vol.2/2.

Adhi, D. C. (2016, Desember). Pengaruh Status Sosial Ekonomi, Dan Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Jogonalan. Skripsi, p. 54-62.

Adirestuty, F. (2017, Januari). Pengaruh Self-Efficacy Guru dan Kreativitas Guru Terhadap Motivasi. Jurnal Wahana Pendidikan, Vol. 4,1.

Prayogo, B. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas VIII SMP IT Bina Insan Metro Utarai. Skripsi, hal. 21.

Sakti, B. P. (2017, September). Indikator Pengembangan Karakter Siswa. Magistra Juornal, No. 101.

Samrin. (2016, Januari). Pendidikan Karakter ( Sebuah Pendekatan Nilai). Jurnal Al-Ta’dib , Vol. 9, No. 1.

Tiara, E., Fatimah, & Rabiatul, A. (2016, Mei). Hubungan Cara Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran PKN Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 11

Published
2023-07-31
How to Cite
risal, risal. (2023). Pengaruh Karakter Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Kelas XI Sekolah MA Siritaun Suru. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(2), 63 - 66. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i2.118