Pengaruh Pengaruh Reward Dan Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa

  • Septiyati Purwandari Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Ainun Andriyani SD Negeri Kalisari
Keywords: Reward, Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa, (2) Pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa, dan (3) Pengaruh pemberian reward dan perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa.  Jenis penelitian merupakan penelitian korelasional. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV, dan V di SD Negeri Kalisari. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner.

Teknik analisis data menggunakan regresi liner berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari nilai nilai T hitung sebesar 8.772 lebih besar dari nilai T table sebesar 1,683 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa pemberian reward mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. (2) Terdapat pengaruh perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa hal ini dibuktikan dengan nilai T hitung sebesar 2.385 lebih besar dari nilai T table sebesar 1,683 dengan nilai signifikan sebesar 0,022. Hasil ini menunjukkan bahwa perhatian orangtua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward dan perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa kelas IV dan V di SD N Kalisari. Hal ini ditunjukkan dari nilai nilai F hitung sebesar 353,62 lebih besar dari nilai F table sebesar 3,23 Dan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,00. Besarnya pengaruh yang diberikan ditunjukkan dengan nilai R Square sebesar 0,950 menggambarkan pengaruh pemberian reward dan perhatian orangtua terhadap motivasi belajar siswa sebesar 95%, sehingga masih terdapat 5% faktor-faktor lain yang kemungkinan berpengaruh terhadap motivasi belajar diluar variabel penelitian

References

I. Q. Aina, “Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MIT Nurul Islam Ngaliyan Semarang Tahun Ajaran 2016/2017,” no. 123911052, 2017.

N. Ulfatun, “Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus Pangeran Diponegoro Kabupaten Pati. (Skripsi),” Semarang Univ. Negri Semarang, 2017.

Rosita Nugraheni Kusumaningrum, “Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Secara Daring Selama Masa Pandemi,” J. BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan), vol. 3, no. 3, pp. 20–39, 2021, doi: 10.52005/belaindika.v3i3.79.

I. Navida, F. Fakhriyah, and L. Kironoratri, “Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi,” J. Ilm. Bina Edukasi, vol. 14, no. 1, pp. 11–21, 2021, doi: 10.33557/jedukasi.v14i1.1366.

Bakhtiyar, “Peran Keluarga Sebagai Pendamping Belajar Anak Dalam Meraih Prestasi Belajar Di Sekolah Melalui Pemanfaatan Layanan Jasa Informasi Perpustakaan: Suatu Kajian Dalam Perspektif Sosio Kultural,” J. Perpust. Univ. Airlangga, vol. 8, no. 1, pp. 37–45, 2018.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

A. Dalfa, D. Puspitasari, F. Agustina, and D. Adela, “Meningkatkan Disiplin Pembelajaran Sekolah Dasar Melalui Reward dan Punishment,” vol. 3, no. 2, pp. 11–14, 2021.

A. Saad, “Hubungan Antara Pemberian Reward Dengan Kinerja Guru Di SD Hikmatul Fadhillah Medan,” J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 91–98, 2017.

A. Trisnowali, “Pengaruh Motivasi Berprestasi, Minat Belajar Matematika, Dan Sikap Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Sman 2 Watampone,” MaPan, vol. 5, no. 2, pp. 259–278, 2017, doi: 10.24252/mapan.v5n2a8.

M. Kasiram, Metodologi Penelitian. Malang: UIN-Malang Perss, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta, 2019.

Sugiyono, Penelitian Kuantitatif, Kulitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2014.

Published
2022-08-24
How to Cite
Purwandari, S., & Andriyani, A. (2022). Pengaruh Pengaruh Reward Dan Perhatian Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 4(2), 77 - 84. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i2.103