Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik

  • Syifa Fauziah Syifa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Adinda Nur Istirohmah PGSD FTIK UNISNU Jepara
  • Puji Lestari PGSD FTIK UNISNU Jepara
  • Mutasyilla Nur Azizah PGSD FTIK UNISNU Jepara
Keywords: Social Media, Learning Achievement, Students.

Abstract

Media sosial termasuk kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan di era 5.0 karena media sosial memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan yaitu study pustaka. Dalam penelitian ini tim peneliti fokus pada dampak media sosial terhadap prestasi belajar peserta didik. Terdapat banyak dampak dari media sosial baik dampak positif maupun dampak negative. Media sosial digunakan dari anak-anak usia sekolah, mahasiswa hingga orang tua. Media sosial sangat berpengaruh bagi peserta didik umtuk menunjang prestasi belajar. Prestasi belajar merupakan sebuah hasil belajar dari yang dicapai setelah mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Prestasi belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk angka atau nilai yang meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik. Untuk memperoleh tercapainya prestasi belajar diperlukannya sebuah usaha yang maksimal dan kerja sama baik dari peserta didik, orang tua dan guru. Dampak positif penggunaan media sosial yaitu mempermudahkan proses pembelajaran, karena saat peserta didik mengalami kendala atau kesulitan didalam belajar dapat mengakses informasi dari media sosial, hal itu dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Dampak negatifnya terhadap bidang pendidikan yakni peserta didik menjadi malas belajar, sering mengakses yang bukan untuk materi pembelajaran. Berkurangnya waktu belajar peserta didik itu sendiri.

References

DAFTAR PUSTAKA
[1] Agustiah, Dela, dkk. 2020. Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Perilaku Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam. Vol 4, No 2. Hlm: 181-190.
[2] Aprianto Iwan, dkk. 2019. Manjemen Peserta Didik. Klaten: Lakheisa.
[3] Khoiriyah, F. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang. Jurnal Pendidikan Islam, 4 Nomor 3, 187–188.
[4] Laos, Aleksander. 2017. Prestasi Belajar Siswa. Surabaya: Kresna Bina Insan Prima.
[5] Nasrullah, R. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
[6] Rafiq, A. 2020. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, Vol 1 No. 1. 20-22.
[7] Romadi, A. 2016. Tips Produktif Ber-Social Media: Memanfaatkan Aneka Sosial Media Populer, Riset Sosial Media, Promosi Online. PT Elex Media Komputindo.
[8] Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
[9] Suryaningsih, Anik (2019). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik: Wahana Didaktika. Vol.17 No.3 hlm: 335-344
[10] Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
[11] Sutianah, Cucu. 2021. Perkembangan Peserta Didik. Pasuruan: CV Penerbit Qiara Media.
[12] Zaenuri & Maemonah. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4).
Published
2023-03-31
How to Cite
Syifa, S. F., Nur Istirohmah, A., Lestari, P., & Nur Azizah, M. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 5(1), 21 - 27. https://doi.org/10.52005/belaindika.v5i1.100