Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Siswa
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap ilmiah peserta didik dalam pembelajaran IPA yang berawal dari kurang seimbangnya guru dalam mengembangkan hakikat pembelajaran IPA, dan diperlukannya pembelajaran yang bersifat induktif sesuai dengan usia peserta didik sekolah dasar. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu adakah perbedaan sikap ilmiah peserta didik kelas IV SD yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Saintifik dan tanpa pendekatan saintifik. Penelitian ini merupakan studi komparatif dengan variabel bebas pendekatan saintifik dan variabel terikat sikap ilmiah siswa, Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terjadi peningkatan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran di kedua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. (2) Pendekatan saintifik memberikan peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa jika dibandingkan dengan pendekatan yang bersifat konvensional. (3) aktivitas siswa di kelas eksperimen lebih menunjukan perilaku yang aktif jika dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol.
References
Bundu, Patta. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti
Burhanuddin, Sumiati, & Sopian. (2012) Pengantar Landasan Pendidikan. Subang: Royyanpress
Hidayati, Noor, A. (2012). Sikap Ilmiah dan Budaya Berpikir pada Kurikulum 2013. [Online]. Tersedia di: http://www.lpmpjateng.go.id/web/index.php /arsip/karya-tulis- ilmiah/855 -sikap-ilmiah-dan-budaya-berpikir-pada-kurikulum-2013. Diakses 15 November 2014.
Putra, Rizema, S. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta:Diva Press
Samatowa, Usman. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jakarta:Indeks.
Sani, Abdullah, R. (2014). Pembelajaran Saintifik. Jakarta: Bumi Aksara Toharudin, U. dkk (2011). Membangun Literasi Sains Siswa. Bandung: Humaniora
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran : Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta. Kencana
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Wartini, Ida (2014) . Pengaruh Impelemtasi Pendekatan Saintfik Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.
Widodo, A. dkk (2010). Penddikan IPA di Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press
Copyright (c) 2019 Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.